Rektor universitas Samudra MOU dengan Institut Agama Islam Negeri langsa

Avatar

- Jurnalis

Kamis, 24 Februari 2022 - 13:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kota Langsa Aceh – kini Rektor Universitas Samudra Dr. Ir.Hamdani,M. T menyambut baik kerjasama yang akan dilakukan antara Unsam dengan IAIN Langsa mengingat keberadaan Perguruan Tinggi ini sudah ada sejak lama di Kota Langsa dan telah lama menjalin kerjasama sebelumnya. Dengan adanya MOU tersebut diharapkan kedua Perguruan Tinggi dapat bekerjasama dan bersinergi secara terencana, terukur, terpadu, sistematis, efektif dan efisien dalam meningkatkan program kerja dan Sumber Daya Manusia ( SDM ) di wilayah Aceh Bagian Timur.

“Unsam dengan IAIN Langsa sebenarnya sudah sejak lama melakukan kerjasama, jadi kita tandatangani MOU hari ini secara formalitas sebagai bukti fisiknya secara administrasi. Jadi kerjasama ini sangat perlu dilakukan, terutama dalam mendukung implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program Pendidikan lainnya termasuk pertukaran tenaga ahli. Dengan hadirnya Unsam dan IAIN Langsa sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Kota Langsa diharapkan dapat bekerjasama dan bersinergi dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) di Indonesia di masa yang akan datang, terutama di Wilayah Aceh Bagian Timur” Ucap Rektor.

Pada kesempatan tersebut Rektor juga menggagas untuk diselenggarakannya seminar nasional yang melibatkan Unsam dan IAIN Langsa untuk memadukan antara Sejarah Islam dan Sejarah Nasional dengan mengundang Ahli Sejarah yang ada di Aceh

Selain itu Rektor Unsam juga menambahkan bahwa di tahun 2045, dalam hal Demografi Indonesia akan memiliki penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan dengan usia non produktif , maka keberadaan kedua Perguruan Tinggi ini diharapkan menjadi penghasil SDM yang unggul dan berkualitas untuk kemajuan bangsa.

Rektor IAIN Langsa, Dr. H.Basri, M.A., dalam sambutannya juga menjelaskan pentingnya kerjasama tersebut, dengan adanya MOU sebagai langkah awal dalam kemitraan dan bersinergi dalam melaksanakan program program pendidikan, terutama berkaitan dengan implementasi kurikulum MBKM, seperti penelitian bersama, pertukaran mahasiswa dan juga dosen, publikasi jurnal dan penelitian. Beliau juga menekankan pentingnya integrasi keilmuan untuk mencapai tujuan yang sama yaitu memajukan generasi bangsa.

“Dan sepanjang sejarah dari masa kerajaan Aceh Samudera, Aceh adalah daerah yang strategis. Dengan adanya Unsam dan IAIN Langsa, walaupun dikelola oleh departemen yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memajukan generasi bangsa. Adanya integrasi keilmuan, dan bermitra dalam ilmu pengetahuan melalui Merdeka Belajar nantinya MOU akan dilanjutkan dengan Memorandum Of Agreement ( MOA ) melalui fakultas dan lembaga antara Universitas Samudra dan IAIN Langsa. ” imbuh beliau.

Baca Juga :  Deklarasi dan Pengukuhan Gabungan Wartawan Tangerang Periode 2022-2025

Sebagaimana disebutkan bahwa Nota Kesepahaman yang akan dilakukan Unsam dan IAIN Langsa meliputi bidang Pendidikan, termasuk implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ); Bidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi; Bidang Pengabdian Masyarakat; Pemanfaatan Tenaga Ahli dan Bidang lainnya yang disepakati kedua belah pihak.

Turut hadir dalam penandatangan MOU tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik Unsam Ir. Cut Mulyani, M.P., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unsam, Dr. Rachmatsyah, M. Pd., Kepala Biro Umum dan Keuangan Unsam, Ir. Adnan, M. M serta Sub Koordinator Kerjasama Unsam Hendra Rahayu, S. Hut. Dari IAIN Langsa hadir dalam kesempatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. H. M. Suhaili Sufyan,M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Langsa Dr. Zainuddin, M. A., serta Sub Koordinator Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Biro AUAK IAIN Langsa Muliadi, S.E tandasnya.(Zainal/ Sudir/Dian).

Berita Terkait

Jalan Berlubang Di Beberapa Titik Di Perbaiki Sudin Bina Marga Jakbar
KKP: Program Debt for Nature Swap untuk Konservasi Terumbu Karang
Soal Sampah Menumpuk Dan Bikin Kumuh Di Kembangan Selatan, Ini kata Kasudin LH Jakbar
Bikin Bau Tak Sedap, Sampah menumpuk Di Kembangan Selatan Di Keluhkan Warga
Musyawarah Pembentukan Panitia HUT RI Ke -79 Di Nagari Simawang
Aban menyebut bakal calon Bupati Tangerang dari jalur independen Zulkarnain dan Lerru
Pihak Inspektorat Sragen Memanggil Suladi Pelapor Pungutan PTSL Desa Geneng Miri
Pisah Sambut Kapolres Kutim, Kapolda Kaltim Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 18:24 WIB

Jalan Berlubang Di Beberapa Titik Di Perbaiki Sudin Bina Marga Jakbar

Senin, 22 Juli 2024 - 12:09 WIB

KKP: Program Debt for Nature Swap untuk Konservasi Terumbu Karang

Senin, 22 Juli 2024 - 11:37 WIB

Soal Sampah Menumpuk Dan Bikin Kumuh Di Kembangan Selatan, Ini kata Kasudin LH Jakbar

Senin, 22 Juli 2024 - 10:07 WIB

Bikin Bau Tak Sedap, Sampah menumpuk Di Kembangan Selatan Di Keluhkan Warga

Jumat, 19 Juli 2024 - 09:04 WIB

Musyawarah Pembentukan Panitia HUT RI Ke -79 Di Nagari Simawang

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:27 WIB

Pihak Inspektorat Sragen Memanggil Suladi Pelapor Pungutan PTSL Desa Geneng Miri

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:23 WIB

Pisah Sambut Kapolres Kutim, Kapolda Kaltim Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:21 WIB

Kapolda Kaltim Pimpin Serah Terima Jabatan Kepala Biro Sumber Daya Manusia

Berita Terbaru